Tips Cadet Pilot agar Cepat Diterima Bekerja

Posted on 8 February, 2016  in Pilot

Menekuni profesi sebagai seorang pilot memang diiming-imingi dengan gaji yang cukup besar. Contoh, seorang pilot yang meniti karir sebagai first officer dalam setiap bulan pilot bisa berpenghasilan sekitar 30 hingga 40 juta rupiah. Namun, dalam hal ini seorang pilot juga harus berjuang untuk melamar pekerjaan di maskapai penerbangan. Banyaknya pesaing tentu bakal menjadi rintangan untuk bisa diterima bekerja. Pasalnya, bila banyaklah pasokan pilot atau pengetahuan minim, bukan tidak mungkin menyebabkan pilot malah mengganggur. Oleh karena itu, perlu beberapa kiat bagi calon pilot atau cadet agar nantinya bisa cepat diterima bekerja di maskapai penerbangan.cadet pilot handal

Memilih sekolah pilot yang menawarkan durasi pendidikan lebih singkat

Ada banyak sekolah pilot yang tersedia baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang sudah siap mencetak para calon pilot berkualitas. Untuk memilih sekolah pilot yang tepat itu sendiri salah satu yang wajib dipertimbangkan adalah durasi pendidikan karena hal tersebut merupakan salah satu peluang untuk bisa cepat bekerja di maskapai penerbangan. Mereka yang menempuh pendidikan rata-rata selama 1,5 tahun tentunya memiliki banyak pesaing ketika sama-sama melamar kerja, sedangkan yang tidak lebih dari 1 tahun bisa cepat melamar pekerjaan dan juga pesaingnya sedikit sehingga peluang untuk diterima bekerja relatif maksimal. Pendidikan yang difasilitasi dengan pesawat dan bandara latih yang mendukung menjadi dua alasan khusus mengapa durasi pendidikan bisa terselesaikan dengan cepat. Contoh, sekolah pilot memiliki rasio jumlah pesawat latih dan cadet 1:5, yang artinya 1 pesawat ditargetkan untuk 5 orang cadet sehingga cadet tidak perlu menunggu antrian yang cukup lama untuk berlatih menerbangkan pesawat. Dengan terpenuhi jam terbang dan terasahnya kemampuan tentu para cadet bisa cepat lulus.

Mengikuti sistem pembelajaran dengan maksimal

Ketika berhasil masuk sekolah pilot yang tepat, sistem pembelajaran yang dimiliki oleh setiap sekolah tentunya berbeda-beda. Bisa jadi sistem pembelajaran sekolah pilot yang dipilih lebih ketat daripada sekolah lainnya. Akan tetapi, hal ini bukan menjadi alasan untuk tidak mengikuti sistem pembelajaran dengan baik. Perlu diketahui bahwa, sistem pembelajaran yang bagus ialah memiliki kedisiplinan yang kuat, sekalipun itu sering dihukum seperti berjemur di tengah lapangan karena melakukan kesalahan kecil seperti terlambat 5 menit. Menghadapi kondisi seperti ini tidak patut untuk minggat dari sekolah karena hal tersebut malah akan mencemarkan nama baik bahkan juga dapat merugikan diri sendiri karena ketinggalan pelajaran. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang pilot yang profesional dan bisa cepat diterima penting untuk mengikuti sistem pembelajaran dengan maksimal agar bisa memperoleh pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni.

Menggenggam lisensi yang mendukung

Yang tidak kalah penting agar cepat diterima bekerja di maskapai penerbangan yakni cadet juga harus menggenggam lisensi yang disyaratkan oleh maskapai penerbangan. Secara garis besar lisensi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan yakni lisensi ME atau MER (Multi-Engine Rating). MER adalah lisensi ataupun sertifikat sebagai tanda bahwasanya pilot sudah dibekali pengetahuan dan kemampuan yang maksimal untuk menerbangkan pesawat mesin berganda dan itu artinya pilot sudah siap pakai. Lisensi MER juga merupakan sebagai pelengkap daripada lisensi PPL, CPL, dan juga IR. Semakin tinggi lisensi yang dimiliki maka akan semakin besar peluang untuk diterima bakerja. Hal ini berkaitan dengan sekolah pilot yang dipilih, sebab sekolah pilot yang sesungguhnya patut dipilih adalah bukan hanya yang menawarkan lisensi PPL, CPL, atau juga IR, tetapi juga MER. Namun bila telah terlanjur memilih sekolah yang belum menawarkan lisensi MER, solusi yang bisa dilakukan harus berhasil memegang ketiga lisensi di atas agar bisa meraih lisensi MER. Ingat, lisensi MER bukan hanya dapat digunakan untuk bekerja di maskapai penerbangan, melainkan juga bisa diperuntukkan melamar sebagai instruktur di sekolah pilot.

Berprofesi sebagai seorang pilot menjadi suatu kebanggaan tersendiri apalagi usai pendidikan bisa langsung diterima bekerja di maskapai penerbangan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan hal ini mampu membuat jenjang karir menjadi cepat meningkat, dari yang tadinya first officer bisa mejadi captain pilot yang gajinya bisa lebih dari 50 juta rupiah per bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *